Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup adalah lingkungan yang terdiri dari makhluk hidup dan komponen lain yang ada di dalamnya, termasuk manusia beserta perilakunya. Lingkungan hidup tidak hanya mencakup lingkungan fisik, namun juga meliputi ekosistem, perilaku sosial, bahkan budaya.

Lingkungan hidup perlu kita lestarikan untuk menjaga keseimbangan alam dan kelangsungan hidup manusia. Salah satunya dengan membiasakan diri untuk memelihara kebersihan di lingkungan sekitar kita. Upaya reboisasi atau penanaman kembali juga terus dilakukan guna menjaga keseimbangan alam dan kelangsungan hidup manusia. Hutan mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia karena hutan menghasilkan oksigen dan sumber daya alam yang melimpah. Eksploitasi dan pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan dengan bijak dan juga harus diperhatikan agar tidak merusak ekosistem lingkungan.

Kondisi lingkungan di daerah perkotaan atau di dekat perindustrian sangat memprihatinkan. Sampah menumpuk dan berserakan dimana-mana. Masyarakat juga banyak yang membuang sampah ke sungai dengan alasan tempat pembuangan sampah letaknya sangat jauh. Banyak pabrik yang mebuang limbah hasil produksinya ke sungai. Sehingga saat musim hujan tiba,air sungai tidak dapat mengalir dengan sempurna. Sebagian besar atau mungkin seluruh lahan di daerah perkotaan digunakan untuk membangun industri dan perumahan. Masyarakat kota juga membangun rumah di sekitar pinggiran aliran sungai yang seharusnya digunakan sebagai daerah resapan air. Tidak heran jika saat musim hujan tiba, daerah perkotaan menjadi daerah langganan banjir setiap tahun.

Penebangan dan pembakaran hutan pun semakin merajalela. Khususnya di Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatra yang mempunyai hutan terluas di Indonesia. Pembakaran besar-besaran dilakukan untuk membuka lahan baru yang akan dijadikan perkebunan besar. Selain membuat tanah menjadi kering dan tandus, pembakaran hutan tersebut menimbulkan polusi udara yang merusak sistem pernafasan pada manusia. Dampak pembakaran hutan tersebut tidak hanya dirasakan masyarakat sekitar, tetapi juga sampai dirasakan oleh negara-negara tetangga. Dengan berkurangnya wilayah hutan di Indonesia akan mengakibatkan beberapa bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Upaya pemerintahan untuk menyadarkan masyarakat terus dilakukan melalui kegiatan penyuluhan dan kerja bakti. Kita sebagai siswa pun dapat berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan hidup melalui program sekolah atau madrasah guna menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman seperi program Go Green, jum’at bersih dan gotong royong di lingkungan sekolah. Salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup yaitu program Adiwayata. Adiwiyata tidak ditujukan sebagai suatu kompetisi atau lomba, melainkan sebagai apresiasi kepada sekolah yang mampu melaksanakan upaya pendidikan lingkungan hidup secara benar.

Kita sebagai makhluk hidup yang tinggal di bumi ini diwajibkan untuk merawat, menjaga  dan melestarikan alam agar mampu memberikan manfaatnya sampai anak cucu kita dapat merasakannya . Jika kita merusak alam,maka alam akan memberikan kita bencana.  Mengikuti pesan KH.Abdullah Gymnastiar yaitu mulai dari diri sendiri,dimulai dari hal yang terkecil dan dimulai saat ini juga. (ran/frd/hly)


108 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : MTs Negeri Slawi

Kirim Pesan Anda