• Visi Misi MTs. Negeri Slawi

    MTs. Negeri Slawi memiliki visi dan misi: Beriman, Berilmu, Berakhlaq dan beramal. Sedangkan misi madrasah adalah menanamkan dasar-dasar keilmuan melalui berbagai disiplin ilmu yang dijabarkan dalam mata pelajaran umum dan agama Islam serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari serta mengembangkan kecakapan hidup (life skill)

  • Program Kelas Unggulan

    Pada tahun pelajaran 2011/2012, MTs. Negeri Slawi membuka program kelas unggulan. Salah satu keunggulan dari program yang ditawarkan adalah bidang Bahasa (Inggris dan Indonesia), Komputer (mahir MS Office) dan pada bidang Agama Islam yaitu: menguasai praktek-praktek ibadah (sholat, pengurusan jenazah, manasik haji, doa-doa, dan mampu membaca Al Qur'an dengan lancar dan benar)

  • Kegiatan Ekstrakurikuler

    Drum band adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler paling banyak diminati siswa. Kegiatan ekstrakurikuler yang lain adalah Pramuka, PMR, Karate, Silat, Terbang Jawa, Qiro'ah, Kosidah Rebana, Teater, Bola Voli, Sepak Bola, Bulu Tangkis, Catur. Sedangkan keterampilan yang ditekankan pada pembelajaran adalah komputer dan menjahit

  • Siswa Berprestasi

    Penghargaan diberikan kepada siswa-siswi yang berprestasi secara akademik dan non akademik, berupa piagam, piala dan serta hadiah lain berupa uang pembinaan. Selain berprestasi secara akademik, prestasi non akademik juga diraih, melalui cabang olah raga Bola Voli, Bulu Tangkis, dan Tenis Lapangan

  • Pelatihan Manasik Haji

    Kegiatan pelatihan manasik haji bagi siswa-siswi kelas VIII, merupakan program tahunan MTs. Negeri Slawi. Tujuan program ini, disamping sebagai upaya pendalaman materi, juga bertujuan membekali siswa-siswi pengetahuan bagaiman pelaksanaan manasik haji, sehingga diharapkan akan memotivasi siswa-siswi untuk melaksanakan haji di masa depan

  • Peningkatan SDM

    Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan madrasah, tidak ketinggalan para guru dan karyawan pun menjadi sasaran pelatihan. Setiap guru diharuskan melek teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan internet dan program powerpoint harus dikuasai demi menunjang pelaksanaan KBM. Sementara perangkat keras seperti LCD, DVD, TV dan komputer ditambah jumlahnya demi memenuhi kebutuhan warga madrasah.

  • MOPDB MTsN Slawi 2011/2012

    Selamat Datang Peserta Didik Baru MTs. Negeri Slawi, Selamat mengikuti masa orientasi, semoga kalian semua menjadi warga madrasah yang baik dan mampu memenuhi harapan orang tua, guru dan masyarakat, mampu menunjukan bakat dan prestasi setinggi mungkin sesuai dengan cita-cita. Doa orang tua/wali demi perbaikan/peningkatan mutu madrasah kami harapkan untuk menunjang cita-cita putra-putri bapak/ibu.

  • Majalah AT TARBIYAH

    Majalah MTs. Negeri Slawi At Tarbiyah, sarana komunikasi, ajang kreasi bagi warga madrasah dalam menuangkan ide-ide kreatif yang dapat dijadikan sebagai contoh bagi madrasah lain. Majalah yang memuat semua aktivitas dan kegiatan segenap sivitas akademi MTsN Slawi.

Visi, Misi dan Tujuan

Visi
Madrasah Tsanawiyah Negeri Slawi Kab. Tegal sebagai lembaga pendidikan dasar berciri khas Islam perlu mempertimbangkan harapan siswa, orang tua siswa, lembaga pengguna lulusan madrasah dan masyarakat dalam merumuskan visinya. Madrasah Tsanawiyah Negeri Slawi juga merespon perkembangan dan tantangan masa depan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi; era informasi dan globalisasi yang sangat cepat. Oleh karena itu visi MTs. Negeri Slawi dirumuskan sebagai berikut:

Beriman, Berilmu, Berakhlaq dan Beramal


Indikator Visi:
Lulusan MTs. Negeri Slawi Kabupaten Tegal :
a. Mampu membaca Al Qur’an dengan baik dan benar (Tartil).
b. Tekun dalam melaksanakan ibadah wajib maupun sunah, dan berperan aktif dalam kegiatan keagamaan ditengah-tengah masyarakat.
c. Santun dalam bertutur kata dan berperilaku
d. Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik sebagai bekal melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan atau hidup mandiri.

Misi
a. Menanamkan dasar-dasar keilmuan melalui berbagai disiplin ilmu yang dijabarkan dalam mata pelajaran umum dan agama Islam serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
b. Membangun dan mengembangkan kecakapan hidup (life skill) yang bersandar pada akhlaqul karimah, yang meliputi:
• Kecakapan mengenal diri (personal skill) melalui penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
• Kecakapan berpikir rasional (thinking skill) untuk menggali dan menemukan informasi, mengolah informasi dan mengambil keputusan, sehingga dapat memecahkan masalah secara kreatif dan bijaksana.
• Kecakapan sosial (social skill) melalui penghayatan diri sebagai anggota masyarakat dan warga negara dengan cara membangun demokrasi dalam kelas di lingkungan madrasah.
• Kecakapan akademik (academic skill) dengan cara membangun kemampuan berpikir ilmiah melalui kegiatan, wawancara, observasi dan pelaksanaan penelitian sederhana.
• Kecakapan vokasional/kejuruan (vocational skill) melalui kegiatan pengenalan dan pengembangan teknologi dan keterampilan dasar untuk memberi bekal hidup di masa yang akan datang.

Tujuan Pendidikan Madrasash
Secara umum tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar-dasar keilmuan, kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia dan keterampilan untuk hidup mandiri, yang merupakan bekal mengikuti pendidikan lebih lanjut. Bertolak dari tujuan umum pendidikan dasar ini, Madrasah Tsanawiyah Negeri Slawi Kab. Tegal mempunyai tujuan pendidikan sebagai berikut:
• Mencetak generasi muda yang berilmu dan memiliki iman yang kokoh, berwawasan luas dan dilandasi akhlaqul karimah serta memiliki kemampuan untuk mengamalkan keterampilan yang dimilikinya untuk membangun masa depan agama, nusa dan bangsa termasuk membangun dirinya sendiri di tengah-tengah masyarakat luas.

Upaya-Upaya Yang Ditempuh Dalam Mencapai Tujuan:
Bagi Siswa:
1. Mengefektifkan dan mengefisiensikan kegiatan pembelajaran.
2. Bimbingan intensif dalam kegiatan belajar dan kegiatan praktikum, mata pelajaran Agama dan mata pelajaran umum.
3. Pemantauan dan pelaporan secara rutin oleh wali kelas, guru mapel dan guru BK tentang kendala kegiatan belajar dan prestasi siswa-siswi.
4. Memenuhi sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) meliputi: perpustakaan, lapangan olah raga, musholla, atal-alat peraga yang dapat menunjang KBM, multi-media, laboratorium IPA, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, laboratorium matematika, ruang keterampilan menjahit dan moving class,
5. Pendalaman materi, melalui kegiatan les untuk mapel: Matematika, IPA, Bahasa Inggris, bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan BTQ, mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX
6. Mengintensifkan bimbingan kelas dan bimbingan individu siswa oleh wali kelas dan guru BK, berkoordinasi dengan semua guru mata pelajaran dan orang tua/wali murid, melalui kegiatan home visit terutama bagi siswa-siswi bermasalah.
7. Mengintensifkan pembinaan siswa-siswi dalam kegiatan Ekstrakurikuler :
a. Komputer d. Drum band g. BTQ/Qiraah
b. Lab. Bahasa e. PMR/UKS h. Beladiri
c. Pramuka f. PKS i. Olah-raga
8. Mengikut-sertakan siswa-siswi dalam berbagai kegiatan lomba: olah raga, Pramuka, PMR, PORKAB, POPDA, olimpiade matematika/sains, CCQ, dan karya ilmiah remaja dalam upaya memberikan pengalaman.
9. Mengikut-sertakan siswa-siswi dalam kegiatan keagamaan: Sholat dluhur berjamaah, HAB Depag, Tahun baru hijriyah, Maulid Nabi, kegiatan romadhon, pesantren kilat, istighosah, perayaan Iedul Qurban dan lain sebagainya.
10. Memberikan bea siswa, bebas uang syahriah dan jariyah bagi siswa-siswi berprestasi, dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
.
Bagi Guru/Karyawan:
1. Pembinaan secara intensif guru/karyawan tentang kebijakan madrasah dalam upaya peningkatan mutu madrasah.
2. Sosialisasi dan diskusi tentang kebijakan-kebijakan pemerintah seperti: UU Sisdiknas, KBK, KTSP, Undang-undang guru dan lain sebagainya.
3. Peningkatan SDM dengan cara mengikut-sertakan guru dalam kegiatan MGMP, pelatihan, seminar, work shop dan lokakarya.
4. Membentuk koordinator mata pelajaran dan memfasilitasi kegiatan MGMP mapel serumpun, terutama dalam menentukan upaya-upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Koordinator-koordinator tersebut meliputi:
a. Mapel Agama e. Mapel IPA/Sains
b. Mapel Matematika f. Mapel IPS/PSKn
c. Mapel Bahasa Inggris g. Mapel Penjaskes dan Seni Budaya
d. Mapel Bahasa Indonesia h. Mapel TIK dan Bahasa Jawa

Koordinator mapel dan guru mapel sejenis bertugas untuk:
 Mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam mengajarkan mapel
 Menemukan solusi/jalan keluar dari permasalahan kegiatan pembelajaran yang dihadapai.
 Membangun tanggung jawab bersama diantara sesama guru mapel, dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan madrasah.
Share/Bookmark

0 komentar:

Poskan Komentar